-->

Pemuda yang Ditukar



Setelah beruntung dapat kesempatan sebagai delegasi pertukaran pelajar di tahun 2013, saya entah berapa puluh kali kembali mencoba peruntungan untuk bisa menapak di negeri lain. Sayangnya, hampir dua tahun berlalu belum ada satu pun yang mengirimkan saya e-mail dengan congratulation sebagai kata pembukanya. Malahan, saya mulai terbiasa dengan kata-kata regret to inform atau sorry to announce, hihihi. Sampai dua mantera yang saya ciduk dari trilogi Negeri 5 Menara itu bekerja, tepat di bulan kemenangan umat Islam. Berkah Ramadhan, sekaligus lebaran.
Awal ramadhan tahun ini agak nyesek sih buat saya, ini perihal proposal yang udah kelar dan terpaksa ganti judul (baca: mulai dari nol). Rasanya lebih sakit daripada cinta bertepuk sebelah tangan, serius, hahahaha. Gak tahan sama nyeseknya, saya mutusin pulang ke Bontang, melarikan diri, plus menenangkan hati. Di sela-sela kegundahan, eiiittssss, ada teman yang ngirim link buat ikut seleksi pertukaran pemuda ke China. Malam itu juga saya buka dan isi formnya, tanpa pikir panjang semua pertanyaan saya jawab secara spontan. Setelahnya, saya lupain kalau saya baru aja ikut seleksi, pikir saya sih palingan gak bakal lolos kayak program2 sebelumnya. Sekitar dua hari setelah lebaran, saya dapat sms yang isinya bikin jantung dag dig dug luar biasa! Saya lolos tahap pertama seleksi dan jadi 100 peserta terpilih dari sekitar 1566 pendaftar di seluruh Indonesia. Saya diminta cek email untuk langkah selanjutnya, yang mana tuh email ternyata udah lama masuk tapi di spam dan hampir aja saya ngelewatin kesempatan ini kalau gak dapat sms. 

Seleksi tahap selanjutnya dimulai. 100 orang peserta diminta membuat video presentasi yang berhubungan dengan skill masing-masing. Sekali lagi Allah baik seekaaaliii, saya dikasih teman terbaik yang dari SMP sampai sekarang masih bersahabat meski kuliah di kota yang berbeda. Jam 7 pagi saya gangguin Nungke, panggilan sayang -preeet- buat Nurul 'Aini , minta bantuin jadi kameramen. Sebenarnya saya punya dua orang kameramen handal, Ucu & Sul, sayangnya mereka lagi terpisah ribuan kilometer dari saya, duh syahdu amat bahasanya, hahahaha. Daaan jeng jeng, jadilah video ala kadarnya yang cuma saya edit sedikit dengan iMovie. Sebenernya pesimis banget soalnya videonya bener-bener sekedarnya, dan rasanya saya salah ambil nada awal pas bicara dalam video itu. Ketinggian, jadinya suara saya terdengar cempreng. Padahal, sebagai penyiar harusnya saya teliti banget masalah tinggi rendah suara saya, ahahahahah ini apa-apaan coba. 

Sama kayak ketika kita coba ngelawan rasa suka ke seseorang, ngelawan rasa gelisah nungguin pengumuman juga susaaaaah banget! Padahal saya gak pengen berharap, takut sakit hati, laaaah baper amat guee. Pengumumannya juga lama beneeer, sampai saya udah di Makassar belum juga diumumin. Daaan hari itu tiba, sumpah saya deg-degan banget, sampe ke timezone buat ngilangin gugupnya. Bahkan saya mutusin nonton di bioskop biar gak frustasi nunggu pengumuman. Pas banget waktu film mau dimulai pengumumannya keluar. Anehnya pertama ngeliat saya gak nemuin nama saya, dan seketika menghela nafas kecewa. Tapi temen saya ngeliat lagi dan nemuin nama saya di urutan 17, hahahaha, ya ampuuun. Bahagia bangeet, dan akhirnya saya gak perhatiin film yang harusnya saya tonton dengan seksama. Kak Adil dan Hamid juga jadi terganggu sama euforia saya yang malah jadi sibuk ngehubungin mamak, Gib, Sul, dan Ucu, hihihi. 

Bersyukur banget bisa lolos di program yang ternyata PPAN ini, program impian saya. Ada banyak keseruan waktu ngikutin program ini, mau tau? Tunggu episode berikutnya! :p

Pemuda yang Ditukar