-->

Pesona Turki

Dari Aussie terus Korea, kita lompat ke Eropa. Siapa yang gak pengen ke benua menakjubkan ini coba? Tapi negara impian saya di Eropa bukan Prancis yang lagi ngetren banget, walaupun pengen juga sih ke Prancis gara-gara novel Edensor. Nah, negara impian saya adalah Turki. Pasti pernah dengar kan kalau Turki merupakan tempat dimana budaya Barat dan Timur bertemu? Pertemuan budaya ini nih yang bikin saya antusias banget sama Turki. Negara asal ilmuwan terkenal Harun Yahya ini emang punya banyak pesona. Ini dia nih tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Turki.
 
1. Pamukkale, Turki
Pamukkale-Turkey_835.jpg
Turki sudah terkenal dengan keindahan alamnya. Pariwisata di negara ini juga termasuk yang berkembang pesat. Banyak yang berbondong-bondong menuju Turki untuk menghabiskan waktu liburan, salah satunya ke tempat yang disebut sebagai Pamukkale berikut ini.
 
Pamukkale dalam Bahasa Turki berarti benteng kapas. Kenapa disebut sebagai benteng kapas? Jadi begini, Pamukkale merupakan wisata alam yang berupa pemandian air panas. Pamukkale terbentuk secara alami akibat gempa bumi dahsyat yang pernah terjadi di Turki ribuan tahun yang lalu. Secara alami, kawasan ini pun membentuk kolam-kolam yang memiliki air panas mengalir bak air terjun. uniknya, kolam-kolam tersebut memiliki dinding dengan warna putih. Jadi, menurut saya pribadi, benteng kapas atau Pamukkale dalam bahasa Turki menjadi nama kawasan wisata tersebut.
 
Pamukkale ini memiliki kolam-kolam yang berjumlah sekitar 17 kolam. terletak berundak-undak seperti air terjun, membuat pengalaman berendam di air panas anda lebih berbeda dari biasanya. Suhu air yang ada di Kolam Pamukkale ini berkisar antara 37 derajat hingga 100 derajat celcius.
 
Dari atas, foto-foto Pamukkale bahkan terliuhat seperti di kutub. Seperti salju-salju yang menutupi kolam tapi ada beberapa kolam yang berlubang. Tapi jangan salah, di sini benar-benar air panas. Uniknya lagi, air panas di Pamukkale ini tidak pernah dingin atau membeku, bahkan di musim dingin sekalipun. Keren banget deh!
 
Untuk luas yang dimiliki Pamukkale ini, Pamukkale merupakan kawasan dengan panjang 2.700 meter atau sekitar 2,77 km. Lebarnya 600 meter dengan tingginya yang sekitar 160 meter. Cukup besar dan tentunya membuat anda nyaman tanpa harus berdesakan, karena kawasan ini ada sekitar 17 sumber air panas.
 
Tak hanya berwisata alam saja, berkunjung ke Pamukkale merupakan wisata yang bisa menyehatkan anda. Pamukkale ini memiliki kandung-kandungan yang baik untuk tubuh. Misalnya nih, ada kandungan hidrogen karbonat, kalsium dan lain sebagainya di dalam air panas tersebut. Makanya, nggak heran kalau para wisatawan yang datang ke Turki pergi ke Pamukkale bukan cuma jalan-jalan saja, tapi juga meregangkan otot-otot yang kaku. Bahkan nih, beberapa orang juga meyakini bahwa Pamukkale bisa memberi ketenangan dan pengobatan bagi mereka yang punya penyakit reumatik, kulit, dan lain sebagainya.
 
Hebatnya nih, Pamukkale masuk ke dalam salah satu situs yang dibanggakan, yaitu situs warisan dunia UNESCO. Pamukkale ini juga diyakini bisa mempercantik kulit wajah di samping melemaskan otot-otot yang renganh. Air panas yang meneyrupai ar terjun yang terletak di Turki tersebut bisa juga menjadi tempat spa, atau bahkan hanya sekedar foto dan video saja. Yang jelas, para backpacker dan traveller sudah sering berkunjung ke Pamukkale ini.

2. Evil Eye
2251582937_13c56cb9d1.jpg
Pernah mendengar yang namanya Evil Eye dari Turki? Evil Eye bukan bermaksud mata setan. Evil Eye berarti mata pengusir setan. Karena berwarna biru, mata ini disebut juga Blue Evil Eye. Evil Eye dalam bahasa Turki berarti Nazar Bonchugu. Evil Eye ini diyakini sebagai jimat pengusir setan atau roh jahat.
 
Apa sih Blue Evil Eye ini? Kalau di Turki, anda pasti akan banyak menemukan bentuk Evil Eye ini di berbagai aksesoris, gantungan kunci, spion, mobil, dan lain sebagainya. Gambar mata dengan warna biru dan putih ini akan menjadi gambar yang paling banyak dijumpai pada berbagai pernak-pernik di Turki. Bahkan, bisa juga sebagai gelang, kalung, cincin dan sebagainya. Sebenarnya apa sih makna dari Blue Evil Eye ini?
 
Menurut salah seorang penduduk Turkis dilansir Vivanews, biru tua pada gambar evil ete ini berarti untuk mengusir roh jahat. Sedangkan untuk warna putihnya berarti untuk membawa keberuntungan. Oleh karena itu, nggak heran jika selain untuk mengusir roh jahat, para penduduk Turki meyakini bahwa Evil Eye ini membawa keberuntungan. 
 
Lambang Blue Evil Eye ini juga punya sebuah cerita yang meletarbelakanginya. Katanya sih, ada seorang guru yang menggabungkan kekuatan mata dan api hingga membaur menjadi satu yaitu Blue Evil Eye. Lambang itulah menjadi sebuah jimat yang diyakini penduduk setempat dengan kemampuan di atas. Maka dari itu, masyarakat Turki banyak menggunakannya di berbagai tempat.
 
Untuk aksesorisnya, harga berbagai aksesoris Blue Evil Eye ini termasuk relatif murah. Mulai dari 2 lira atau sekitar 10,500-an rupiah untuk pernak pernik gantungan kunci atau hal yang kecil-kecil. Untuk yang lebih besar dan lebih mahal, seperti misalnya kalung dan sebagainya, anda bisa membelinya hingga kisaran 50 lira atau sekitar 265,000-an rupiah.
 
Blue Evil Eye ini menurut salah satu sumbernya ada pohonnya, lho. Pohon ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nama Pohon ini adalah Evil Eye Tree. Kalau nggak percaya, coba ke salah satu lembah yang ada di Pigeon Valley, Turki. Di sini terdapat sebuah pohon yang sangat unik. saya sendiri kesulitan menebak apakah ini pohon asli atau pohon buatan. Yang jelas, di pohon ini terdapat banyak sekali blue evil eye yang tergantung layaknya buah-buahan dari pohonnya. Berbentuk bulat dan berwarna biru. Lokasinya juga berada di lokasi yang gersang.
 
Nah selain pohon, ada juga danau yang bentuknya mirip dengan si blue evil eye ini. Danau tersebut dinamakan Danau Meke dan memang mirip. Punya air berwarna biru dengan tonjolan gunung di tengahnya seolah menunjukkan bola mata pada lambang blue vil eye tersebut. 
 
Danau Meke ini terbentuk secara alami. Kalau istilah geografinya, danau Meke terbentuk lewat proses 'dual time creater lake'. Jadi, ada 2 proses yang menyebabkan danau ini terbentuk. Pertama, danau ini terbentuk karena reruntuhan yang membentuk bulat. Lalu kemudian terjadi sebuah letusan hingga membuat sebuah moncong atau sesuatu yang menunjul muncul dari danau. Itu yang tadi disebut mirip dengan bola mata. Lalu karena kejadian dan proses alam lainnya menjadikan danau ini kemudian terbentuk seperti evil eye.
 
Danau Meke ini punya luas sekitar 493 hektar dan dilindungi oleh pemerintah Turki. Danau ini punya beberapa pulau yang terpisah. Danau Meke ini punya kedalaman sekitar 1 meter di musim panas dan semakin lama semakin menyusut. Oleh karenanya banyak yang mengkhawatirkan danau ini perlahan akan punah. Padahal, Danau Meke termasuk keunikan yang dimiliki dunia. 
 
3. Jembatan Bosphorus
bosphorusBridge.jpg
Jembatan berikut ini juga merupakan salah satu yang terkenal di Turki. Bosphorus merupakan nama sebuah selat dan jembatannya sekaligus. Sebagaimana yang diketahui, Turki merupakan negara yang terletak di antara Benua Asia dan juga Benua Eropa. Laut yang ada di selat ini adalah Laut Hitam di sebelah timur laut dan Laut Marmara yang ada di sebelah barat laut. Untuk menghubungkannya, maka itu dibangunlah Jembatan Bosphorus yang bentuknya melengkung di bagian tengah. Tak tanggung, jembatan ini sangat indah dan sering kali menjadi target para fotografer.
 
Ketika anda berangkat dari Eropa, anda akan menyebrang dan pada akhirnya tiba di benua Asia. Begitu juga sebaliknya. Uniknya lagi, jika anda pergi dari Benua Eropa anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 30,000 kurang lebihnya, tapi jika anda berangkat dari benua Asia, anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Panjangnya sekitar 1,5 kilometer jika diukur secara keseluruhan. 
 
Jembatan ini jika diperhatian memang melengkung di bagian tengahnya. Hal tersebut dikarenakan pada zaman dulu, jembatan Bosphorus ini difungsikan sebagai jembatan yang bawahnya bisa dilewati kapal-kapal besar. 
 
Nah, apa yang menarik dari Jembatan Bosphorus? Selain punya nilai sejarah yang cukup kuat, jembatan ini juga punya arsitektur yang indah. Ada sekitar 8 jalur di jembatan ini, tapi yang digunakan hanya 6 jalur saja. 2 jalur lagi difungsikan sebagai jalur darurat sekaligus trotoar. Dahulu, jembatan ini bisa dilalui dengan berjalan kaki. Namun, saat ini, 2 jalur tersebut tidak bisa digunakan untuk jalan kaki lagi, karena dikhawatirkan akan menjadi tempat bunuh diri dan sabotase.  
 
Tapi jangan khawatir, ada momen tertentu di mana kita bisa berjalan kaki menyusuri jembatan ini. Pada bulan Oktober, Turki menggelar sebuah event maraton yang disebut sebagai Istanbul Eurasia Marathon Intercontinental. Pada momen tersebut, anda bisa mendaftarkan diri dan mengikuti fun run atau berjalan / berlari menyusuri jembatan.
 
Nah, keindahan Jembatan Bosphorus bisa dinikmati saat momen sunset atau matahari tenggelam. Saat itulah, Jembatan Bosphorus ini akan bersinar dan terlihat sangat indah. Oleh karenanya, momen sunset jadi momen paling ditunggu para fotografer. Tak hanya itu, wisatawan bisa menikmati jembatan dengan tur menggunakan kapal. Pasti seru kan?

Pesona Turki