-->

Tips Travelling ke Sydney


Ke luar negeri untuk pertama kalinya kadang bikin kita bingung mempersiapkan diri. Apalagi kalau negara yang kita tuju adalah negara maju, yang biasanya ketat dalam hal pemeriksaan ketika kita sampai di sana. Nah, berhubung saya (alhamdulillah) udah ngerasain nih kalang kabutnya ke negeri orang, saya mau bagiin tips berdasarkan pengalaman saya.

Pertama, tips untuk persiapan ke luar negeri. Siapkan paspor pastinya jauh-jauh hari sebelum berangkat, soalnya kalau udah mepet biasanya kita terpaksa lewat calo dan lebih mahal pastinya. Normalnya, pengurusan paspor Rp 300,000 dan jadi dalam 1 minggu. Urus paspor ini perlu secepatnya, apalagi kalau kita mau ke negara luar ASEAN yang pastinya harus ngurus visa lagi. Nah, untuk packing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih.
1. Gulung baju yang akan dimasukkan ke koper. Ini biar lebih hemat tempat.
Koper kecil ini muat banyak baju karena digulung
2. Semua jenis cairan sperti parfum, masukkan ke dalam kotak kedap udara misalnya tupperware kemudian taruh di koper, soalnya di bandara gak boleh bawa cairan kecuali yg di bagasi. Tetapi, madu tidak diperbolehkan di bagasi sekalipun
3. Bawa makanan seperlunya, jangan bawa benda berbau tajam. Bawa Abon, sambal terasi yang dikemas di toples, ini berguna kalau awal-awal di luar negeri lidah kita belum bisa adaptasi sama rasa makanan di sana.
4. Bawa barang yang benar-benar penting saja, antisipasi ketika pulang nanti akan banyak oleh-oleh. Kelebihan bagasi di luar negeri sangat mahal biayanya.
Packing in Rush (hihihi)
5. Tukarkan uang anda ke mata uang yang dituju sebelum berangkat, karena kurs di bandara apalagi di negara tujuan biasanya gak adil banget -_-

Nah, itu tips untuk prepare sebelum ke luar negeri, tips selama di luar negerinya ada lagi nih..
1. Manfaatkan sebaik mungkin transportasi umum, tapi tips ini berlaku kalau anda ke negara maju.
2. Bawa peta, biasanya dikasih gratisan di bandara.
3. Untuk yang gak sempat tukar uang sebelum berangkat, lebih baik gunakan atm. ATM yang bisa biasanya Mandiri, karena saya udah nyoba, sebelumnya nyoba pake BNI  tapi gak terhubung ternyata sama jaringan atm luar negeri, padahal mastercard.
4. Pelajari tempat-tempat belanja yang murah, jangan langsung kalap di satu toko.
5. Bawa botol minum, kalau di negara maju biasanya air kran bisa diminum sedangkan kalau beli air mineral kemasan harganya mahal banget.

Oke deh itu tips dari saya, semoga bermanfaat yaa. Insyaallah tipsnya bakal nambah kalau saya dapat kesempatan menjelajahi negara lain lagi :D.

Tips Travelling ke Sydney